Lagi di Cirebon? Jangan Lupa Mampir Ke 10 Tempat Makan Bakso Paling Bikin Ngiler

Diposting pada

Cirebon adalah salah satu kota di Jawa Barat yang tak pernah luput dari perhatian masyarakat Indonesia untuk dijadikan sebagai destinasi wisata. Banyak sekali yang bisa di explore di Cirebon seperti tempat wisata, budaya, sejarah, dan juga kulinernya.

Saat sedang wisata atau ada urusan bisnis di Cirebon, kami sarankan untuk menjajal ragam kulinernya deh. Berwisata kuliner di Cirebon juga hal yang mengasyikan lho. Contohnya saja kamu bisa menjajal aneka bakso yang disuguhkan oleh tempat2 yang berbeda2, seperti daftar dibawah ini!

1. Bakso Ceker Pak Etom

foto by foursquare.com

Alamat: Jalan Karanggetas Nomor 191, Panjunan, Lemahwungkuk, Kota Cirebon, Jawa Barat 45113
Map: Klik Disini
Jam Buka: 16.00-00.00 WIB (Senin-Minggu)
Harga: Rp 15.000,-
No. Telp:-

Sebagai penggemar bakso, mungkin kamu kesulitan saat ingin menyantap makanan kesukaanmu disaat jam2 kritis seperti tengah malam. Namun hal tersebut tidak akan kamu temui jika sedang berada di Cirebon, sebab ada Bakso Ceker Pak Etom.

Tempat ini buka sampai jam 12 pagi, jadi kamu bisa datang kesini setelah lembur pulang kantor atau laper tengah malam. Paling spesial dari warung ini adalah baksonya disajikan menggunakan ceker ayam, sehingga rasanya makin lezat.

2. Bakso Sidodadi Kesambi

foto by picdeer.com

Alamat: Jalan Kesambi Nomor 61, Kesambi, Kota Cirebon, Jawa Barat 45134
Map: Klik Disini
Jam Buka: 09.00-21.30 WIB (Senin-Minggu)
Harga: Rp 15.000,-
No. Telp: 0896 6115 3326

Buat kamu yang tinggal di daerah Kesambi, pasti sudah tau dong dengan bakso satu ini? Iya, Bakso Sidodadi merupakan salah satu kedai baso favorit langganan semua orang. Tekstur baksonya pas dan rasa kaldunya pun sangat kuat namun tetap ringan di tenggorokan.

Jadi buat yang lagi liburan ataupun mampir ke Cirebon, jangan sampai kelupaan nih buat cobain Bakso Sidodadi ini karena kalau enggak rugi banget deh kamu.

3. Bakso Apotik Kejaksan Pak Gun

foto by Galeri Bakso Apotik Kejaksan Pak Gun

Alamat: Jalan Kartini Nomor 45, Kejaksan, Kota Cirebon, Jawa Barat 45123
Map: Klik Disini
Jam Buka: 08.00-19.00 WIB (Senin-Jumat), 08.00-17.00 (Sabtu-Minggu)
Harga: Rp 20.000,-
No. Telp:

Sebagai penggila bakso di Cirebon, tempat wajib yang nggak boleh sampai terlewat dari list kulinermu ialah Bakso Apotik Kejaksan Pak Gun. Basonya memang dijajakan hanya menggunakan gerobak, namun cita rasanya mantul banget nggak kalah sama yang di ruko2.

Paling spesial dari tempat ini adalah adanya Es Duren yang bisa melipat gandakan kenikmatan semangkuk bakso Pak gun. Sekiranya kamu cukup menyiapkan kocek sekitar 50ribu untuk bisa menikmati dua menu lezat tersebut.

4. Bakso Kliwon Kalitanjung

foto by Galeri Bakso Kliwon

Alamat: Jalan Kalitanjung Nomor 53, Harjamukti, Kota Cirebon, Jawa Barat 45143
Map: Klik Disini
Jam Buka: 09.00-21.00 WIB (Senin-Minggu)
Harga: Rp 15.000,-
No. Telp: 0231 488 884

Harjamukti menjadi salah satu kawasan di Cirebon yang bisa juga kamu datangi  untuk mendapatkan semangkuk panganan lezat dari Bakso Kliwon Kalitanjung. Bakso uratnya disini juara banget, dagingnya sangat berasa.

Kamu hanya cukup meracik baksonya agar menjadi makin nikmat dengan menambahi beberapa sendok sambal, saos, kecap, garam  ataupun cuka sesuai seleramu.

5. Mie & Baso Pengampon 22

foto by Rivka R foursquare.com

Alamat: Jalan Pengampon Nomor 22, Lemahwungkuk, Kota Cirebon, Jawa Barat 45111
Map: Klik Disini
Jam Buka: 08.00-16.00 WIB (Senin-Sabtu)
Harga: Rp 15.000,-
No. Telp: 0231 203 641

Ciri khas dari Mie & Baso Pengampon 22 ini adalah pangsit basahnya yang super lembut dan nagih. Nggak cuman itu aja nih, basonya pun juga kenyal karena dibuat sendiri alias homemade.

Selain baso bulat, disini pun disajikan baso gepeng lho yang menjadi salah satu menu spesial dari tempat ini. Buat yang penasaran pengen coba datang langsung ke Jalan Pengampon Nomor 22 aja yuk, lokasinya nggak jauh kok dari Alun-alun Kesepuhan.

6. Baso Balungan Mangana

foto by Sinaudw

Alamat: Jalan Ampera Raya Nomor 16A, Pekiringan, Kesambi, Kota Cirebon, Jawa Barat 45131
Map: Klik Disini
Jam Buka: 10.00-22.00 WIB (Senin-Minggu
Harga: Rp 10.000,-
No. Telp: 0813 2032 6146

Balungan lovers waktunya merapat ke Jalan Ampera Raya Nomor 16A nih, karena disini ada Baso Balungan Mangana yang konon menggiurkan banget. Seporsi baso balungann disini dijual dengan harga sangat murah yaitu hanya 10ribuan saja.

Selain baso balungannya yang juara, kamu pun wajib cobain menu lain seperti sop iga, sate, dan iga bakarnya. Menu yang ada disini semuanya recommended, kamu wajib cobain satu persatu.

7. Bakso Urat Mas No

foto by @Hasna.f

Alamat: Jalan Kanggraksan Nomor 45, Harjamukti, Kota Cirebon, Jawa Barat 45143
Map: Klik Disini
Jam Buka: 07.00-00.00 WIB (Senin-Minggu)
Harga: Rp 12.000,-
No. Telp:

Kamu doyan kulineran malam? Tenang, ada warung baso yang buka sampai jam 12 malam nih, contohnya seperti Bakso Urat Kanggraksan. Cita rasa basonya sudah sangat terkenal seantero Harjamukti, jadi kebangetan banget nih kalau kamu tinggal didekat sini tapi belom cobain kuliner ini.

Supaya pelanggan lebih kenyang dan puas, mereka pun menyediakan lontong yang bisa dipesan sesuai request secara terpisah. Selain lontong, mereka juga bakal kasih tetelan dalam mangkuk baso pesananmu secara cuma2.

8. Bakwan Malang Rhestu

foto by @kulinercirebon

Alamat: Jl. Doktor Cipto, Pekiringan, Kesambi, Kota Cirebon, Jawa Barat 45131
Map: Klik Disini
Jam Buka: 11.00-19.00 (Selasa-Minggu)
Harga: Rp 14.000,-
No. Telp:

Kurang afdol rasanya jika kulineran di Cirebon tanpa menjajal bakso malang dari Kedai Rhestu ini. Lokasinya ada di Jl. Doktor Cipto, sebrang Bank BRI Kesambi.

Ciri khas dari bakwan atau baso malang ialah macamnya banyak yang dijual satuan. Keunikan dari tempat ini adalah cara menjaga agar baso dan kuahnya tetap panas menggunakan arang. Sehingga jangan heran kalau basonya ada aroma2 smokeynya.

9. Baso Mang Ita

foto by @mpiedevy

Alamat: Jalan Arya Kemuning Nomor 46B, Pekiringan, Kesambi, Kota Cirebon, Jawa Barat 45131
Map: Klik Disini
Jam Buka: 08.00-18.00 WIB (Senin-Minggu)
Harga: Rp 15.000,-
No. Telp: 0813 9431 1682

Baso Mang Ita di Jalan Arya Kemuning 46B ini juga cukup recommended untuk dijadikan wisata kulinermu di Cirebon nih. Meskipun berada disebuah ruko sederhana, namun rasa basonya tidak bisa dibohongi, mampu menggoyang lidah para pengunjungnya.

Baso Mang Ita ini bahkan menjadi salah satu kuliner lawas yang ada di Cirebon lho. Saat jam makan siang, warung baso ini selalu dipenuhi oleh orang2 yang kelaparan.

10. Bakso Pak Edi

foto by @fugoexpress_

Alamat: Jalan Kesambi Dalam Nomor 50, Jagasatru, Pekalipan, Kota Cirebon, Jawa Barat 45116
Map: Klik Disini
Jam Buka: 12.00-23.00 WIB (Senin-Minggu)
Harga: Rp 22.000,-
No. Telp: 0819 872 928

Lokasi terakhir yang bisa kamu kunjungi adalah Jalan Kesambi Dalam Nomor 50, karena disana ada sebuah kedai bakso legendaris bernama Bakso Pak Edi. Menu paling favorit disini adalah baso urakan yang dibanderol dengan harga 22ribu. Pengen tau gimana tampak dari Baso urakan itu? Cuss meluncur langsung ke warungnya yuk!

Komplit sudah daftar kuliner bakso Cirebon yang paling recommended dan memiliki rasa ngangenin. Mulai sekarang nggak usah bingung lagi cari kudapan hangat saat musim hujan melanda Cirebon ya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *